Rabu, 16 Juni 2010

PLN Lakukan 1,5 Juta Sambungan Listrik Baru per Tahun

Rabu, 16 Juni 2010 - 11:31 wib
text TEXT SIZE :  
Andina Meryani - Okezone
ilustrasi
JAKARTA - Pemerintah melalui PT PLN (Persero) akan melakukan 1,5 juta sambungan listrik pelanggan baru per tahun untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dari 65 persen menjadi 80 persen pada 2024.

Untuk itu, diperlukan tambahan Investasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan investasi kelistrikan termasuk rasio elektrifikasi mencapai sekira USD9 miliar USD per tahun.

Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi pada 2014 mencapai 80 persen dimana saat ini rasio elektrifikasi baru mencapai 66 persen. Dengan rasio saat ini maka diperkirakan masih terdapat sekira 19 juta rakyat Indonesia yang belum menikmati listrik.

”Elektrifikasi di bawah 100 persen itu menunjukkan masih cukup banyak bagian rakyat, yakni sekira 19 juta  yang belum teraliri listrik”, ujar Menteri ESDM Darwin Z Saleh sebagaimana dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM di Jakarta, Rabu (16/6/2010).

Untuk memenuhi kebutuhhan investasi kelistrikan, termasuk peningkatan rasio tersebut yang mencapai sekira USD9 miliar USD per tahun, Pemerintah selain akan meminta dukungan DPR RI untuk penambahan anggaran juga peran serta pihak swasta baik dalam maupun luar negeri.(adn)
(rhs)

http://economy.okezone.com

Tidak ada komentar: