Kamis, 17 Juni 2010

Menbudpar Bangga Budaya Sumsel

PDF Print
Wednesday, 16 June 2010
PALEMBANG (SI) – Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik melepas kontingen karnaval budaya dari 15 kabupaten/ kota di Sumatera Selatan (Sumsel) di halaman kantor gubernur, kemarin.


Pelepasan karnaval yang diselenggarakan pada pelaksanaan Festival Sriwijaya XIX itu berlangsung meriah meski gerimis. “Kita harus bangga pada seni dan budaya yang diwariskan nenek moyang kita. Untuk ini, kita harus melestarikan budaya dan dijadikan alat pemersatu agar tercipta kerukunan antarmasyarakat di tengah berbagai perbedaan,” ujar Jero Wacik kemarin. Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan bupati serta wali kota se-Sumsel. Jero Wacik sangat bangga sekaligus terharu ketika melihat festival budaya di Indonesia, termasuk keragaman di Sumsel. Menurut dia, festival budaya bukan kegiatan yang tidak perlu atau membuang uang.

Dia menandaskan, festival budaya merupakan cara menghargai negeri terlebih dengan melibatkan generasi muda agar mengetahui dan menghargai nilai budayanya sejak dini. Jero Wacik memaparkan, budaya harus didukung beberapa faktor agar wisatawan dari luar berminat datang ke Indonesia.Dia optimistis turis asing akan datang ke Indonesia khususnya ke Sumsel. Apalagi berbagai fasilitas telah mendukung seperti visa sudah dipermudah,hotel banyak berdiri, dan keamanan yang kondusif. Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, pada 2011 penyelenggaraan Festival Sriwijaya dan Sriwijaya Ekspo akan digeser bersamaan dengan penyelenggaraan SEA Games XXVI yaitu November.

Diharapkan, pelaksanaan Festival Sriwijaya XX akan lebih meriah. “Kita meyakini bahwa untuk saat ini masih banyak yang kurang. Tetapi kami berjanji pada 2011 nanti penyelenggaraan Festival Sriwijaya dan Sriwijaya Ekspo akan lebih baik.Apalagi festival ini juga akan dilaksanakan berbarengan dengan SEA Games,”papar Alex. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel M Jhonson menjelaskan, karnaval budaya ini sekaligus untuk mempromosikan keanekaragaman seni budaya Sumsel kepada masyarakat luas. (yayan darwansah) 
 
http://www.seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar: